Kamis, 29 Agustus 2013

CERITA MISTIK SUKU BANJAR

mistik di kalimantan

   Mistik adalah hal yang sangat lekat dengan kehidupan masyrakat banjar, apapun itu kadang dikait-kaitkan  dengan mistik.  aroma mistik  dihasilkan dari benda peninggalan nenek moyang, rumah, maupun lokasi-lokasi yang dianggap mistik. kesemuanya itu kadang sangat sulit untuk diangkat di logika kita, tetapi apa yang terjadi dialami oleh penulis sendiri.
Benda-benda bertuah dari peninggalan nenek moyang adalah salah satu sumber mistik yang paling menonjol dan paling populer dimasyrakat banjar, walaupun ada sumber mistik lainnya tetapi tidak begitu diekspose. benda-benda tersebut sangat beragam macamnya dan punya cara masing-masing untuk mendapatkannya. ada benda yang didapat secara tidak sengaja, ada juga yang didapat melaui mimpi,ada melaui proses yang rumit, dan ada juga yang diserahkan begitu saja.  peninggalan- peninggalan bertuah tersebut  bisa berupa keris, cincin,batu-batuan, wafaq atau jimat,cimeti, kayu-kayuan, minyak dan banyak lagi.
semua benda-benda tersebut mempunyai tuah atau keunggulan yang dipercaya oleh masyrakat banjar secara turum temurun.
Sudah menjadi tradisi benda-benda bertuah tersebut diturunkan kegenerasi-generasi berikutnya, ini dimaksudkan agar benda-benda bertuah tersebut tidak lenyap ditelan zaman.
pada masa kolonial belanda dahulu, benda-benda bertuah ini sangat sering digunakan oleh para pejuang kalimantan untuk melawan penjajah atau sekedar melindungi dirinya dari musuh, tetapi sekarang ini ada sebagian orang yang menggunakan benda-benda bertuah itu sebagai ajang unjuk kebolehan dan sebagai alat untuk adu kekuatan.
saya sempat berkomunikasi dengan seseorang yang tidak saya sebutkan namanya, dia pernah menggunakan jimat untuk melindungi rumahnya, ia bercerita bahwa pada suatu malam ada sekelompok pencuri masuk kerumahnya tetapi keesokan paginya para pencuri tersebut tetap berada di ruang tamu rumah dalam keadaan setengah pingsan. Pemilik rumah langsung menanyakan apa prihal kalian datang kemari, para pencuri menjawab, kami berniat ingin menjarah harta benda tuan tetapi saat kami ingin keluar kami terjebak dalam lautan besar dan kami berenang tetapi tidak sampai ketepian juga. inilah satu contoh walaupun masih banyak lagi conto h yang lain yang tidak bisa dinalar.
benda -benda bertuah  yang didapat secara tidak sengaja, misalnya si A lagi jalan kaki keliling rumahnya, tiba-tiba dia tersandung benda asing, biasanya berupa batu atau benda-benda kecil lainnya. nah benda inilah yang dipercayai bertuah kadang-kadang pada malam harinya akan mendapati mimpi yang aneh atau didatangi seorang raja atau putri.
benda-benda yang didapat dari mimpi, biasanya seseorang tidur dalam keadaan bersih baik lahir maupun bathin sehingga benda-benda b ertuah tersebut yang ditunggui khodam ingin berteman dengan orang itu dan keesokan paginya ditempat tidur atau ditangannya sudah ditemui benda-benda ghaib tersebut.
benda-benda yang didapat dari proses tertentu seperti bertapa, puasa atau pun sebainya. beruntung saya menemui seseorang yang pernah menyaksikan langsung proses pembuatan atau menjadikan diri menjadi kebal. kita sebut saja anto dia bercerita kepada saya, pada suatu waktu dia dan temannya pergi kesebuah kampung yang terkenal akan pembuatan jimat-jimat.kampung itu terletak sangat jauh sekali dari pusat kota , sehinnga diperlukan waktu berjam-jam untuk menempuhnya.sesampai ditempat tujuan anto dan temannya tadi mendapati sebuah rumah gubuk peyot yang didalamnya berpenghuni seorang nenek sangat tua, tetapi gurat-gurat kemistisannya masih bisa terlihat denga jelas sekali. nenek itu menyambut dengan sedikit tersenyum, tetapi dari matanya kira-kira dia sudah tau meksud kedatangan dua orang pemuda kerumahnya, tidak lain tidak bukan pasti untuk kegiatan yang musyrik. tanpa basa-basi nenek tersebut memberikan penawaran kepada dua pemua tersebut,nenek berkata,”siapa yang duluan?”tetapi anto dan temannya bungkam, mereka diam seribu bahasa karena mereka dibawa kesebuah kubangan lumpur yang sangat berbau busuk sekali, mungkin terbuat dari bangkai hewan-hewan. Nyali anto pun ciut saat melihat kubangan itu, tetapi tidak untuk temannya, dia msih kelihatan tegar walaupun sesekali gemetar. teman anto tadi bersiap untuk menjadi yang pertama yang mandi dilumpur tersebut. ini adalah sebagian prosesi untuk mendapatkan kekebelan, nenek tersebut menjelaskan. sesaat kemudian teman anto tadi masuk kedalam kubangan tersebut hayna dengan celana dalam, sungguh bisa dibayangkan bagaimana jijiknya berada didalam sana. teman anto tadi diminta untuk menyelamkan dirinya beberapa menit untuk mencari sebuah benda yang tertanam didalam kubangan lumpur tersebut. sekitar sepuluh menit didalam kubangan lumpur tersebut, teman anto tadipun berhasul menemukan benda yang bentuknya aneh seperti bulu, nah bulu itulah yang dapat dijadikan ajimat untuk kedigjayaan bagi orang-orang yang sesat. setelah prosesi tersebut teman anto tadi pun keluar dengan bau yang sangat menyengat. tetapi bau itu tidak sama sekali mengaggnu tekad teman anto untuk menjadi jagoan yang tahan tembak.
setelah membersihkan diri anto dan temannya pun keluar, tentunya sudah memberikan uang kepada nenek tersebut yang tidak begitu besar angka nominalnya

1 komentar:

  1. wow. mistik sekali.
    batu kecubung juga ternyata banyak jenisnya dan khasiat batu kecubung juga dianggap bermanfaat, terutama batu kecubung asihan yang banyak dicari orang untuk pengasihan, karena itulah banyak orang yang sengaja mengoleksi jenis jenis batu kecubung, walaupun harga batu kecubung memang masih terjangkau.
    ada juga yang mengoleksinya sebagai batu permata kecubung untuk cincin akik, karena itulah penambang jenis batu akik kecubung juga mulai banyak yang menjual dengan harga yang murah. namun untuk harga batu kecubung asli tetaplah mahal dibandingkan dengan harga batu akik kecubung. terima kasih atas infonya
    saya juga ingin berbagi info seputar batu kecubung DISINI>> batu kecubung asli

    BalasHapus