Kamis, 29 Agustus 2013

SEJARAH PERJUANGAN MISTIK RAKYAT KALSEL

Sejarah Perjuangan dan Mistik di balik Kisah Heroik Perjuangan Rakyat Kandangan, Kalsel

Pada Era Revolusi fisik di Kalimantan selatan, tapatnya di kota Kandangan atau Kab.Hulu Sungai Selatan menyimpan sejarah besar perjuangan rakyat dan pasukan Militer ALRI beserta sejarah Mistik daerah tersebut dan sebuah kampung yang tak pernah dapat di jajah oleh belanda.
Pada waktu penjajahan Kolonial Belanda di Tanah air, pada era revolusi fisik, kota Kandangan adalah salah satu kota Kolonial belanda, atau keresidenan belanda di Kalimantan Selatan. Di kota itu lah pernah terjadi pertempuran dahsyat antra Penjajah Belanda dengan ALRI beserta rakyat kandangan yaitu pertempuran “garis demarkasi”. Di sebuah desa bernama Karang Djawa  adalah saksi bisu pertempuran dahsyat tersebut, pertempuran memperebutkan Batas Garis demarkasi (garis batas kekuasaan Belanda).
Di mana para pejuang-pejuang ALRI dan Rakyat kandangan dengan gigih melawan belanda, salah satu pejuang DIVISI IV ALRI Kalimantan Selatan yang mungkin di kenal namanya ialah “Brigjend.H.Hassan Basry” yg mendapat julukan bapak gerilya Kalimantan ini adalah pencetus Strategi perang gerilya yang akhirnya berhasil menepuk mundur dan menewaskan banyak tentara di pihak belanda. Terlepas dari semua itu para pejuang dan warga desa karang jawa dan sekitarnya tidak hanya bermodal tenaga fikiran dan strategi saja, mereka juga mempunyai sebuah “syarat”,dan memakai sesuatu yg bersifat magis untuk melindungi dirinya, seperti halnya ilmu kekebalan, dll  yg dapat melindungi diri mereka dari senjata para penjajah.




Baju di atas adalah “baju ba wafaq/ rajah” milik seorang komandan pasukan ALRI yaitu Samideri Dumam (masih kakek/ saudara dari nenek  penulis) yang di fungsikan beliau pada masa revolusi fisik pertempuran garis demarkasi desa karang djawa, baju tersebut berfungsi untuk (kekebalan) dari sejata tajam maupun peluru dari senjata api para penjajah. Dan pernah dari kesaksian nyta orang2 tua, beliau pernah beberapa kali menahan tembakan peluru yang di tujukan kepada beliau. Dan Akhirnya beliulah orang yg paling banyak mebunuh dan membantai belanda Pada saat itu di samping itu beliau juga  menguasai beberapa Ilmu kedigdyaan lainnya yg di pergunakaan untuk berperang melawan penjajah.( baju be wafaq/rajah yg pernah di gunakan beliau tersebut kini bisa di lihat di museum perjuangan Kalsel Waja Sampai Kaputing ”WASAKA”, Banjarmasin.)

(babatsal)atau jimat kalung  dan ikat pinggang milik seorang pejuang Kandangan dalam menumpas Belanda. Berfungsi untuk kekebalan.
Selain Benda-Benda di atas banyak Ilmu-Ilmu yang di gunakan dalam menumpas penjajah belanda, dari yg berasal dari suku pedalaman dayak maupun yang bernafas Islami melayu kalimantan, dan untalan dll.
Dalam revolusi fisik dan pertempuran Garis Demarkasi di desa karang jawa para pejuang Kandangan berhasil menumpas para penjajah belanda dan pada akhirnya belanda mendatangkan pasukan khusus mereka yang ganas yang di tarik dari Madura, dan Akhirnya dapat di tumpas. Pada akhirnya penjajah belanda mengalami kekalahan dan mendapat banyak korban di pihaknya, berkat Strategi, kegigihan dan semngat para rakyat dan para Pasukan ALRI beserta rahmat dan anugerah Tuhan pada akhirnya pada tanggal 17 Mei 1949 setelah belanda berhasil di tumpas tepatnya di desa Durian rabung kec. Padang batung yang masih wilayah demarkasi itulah tepat di bacakannya Text proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya di Bumi Kalimantan.
Dan dari dulu hingga sekarang “desa Karang Dawa” adlah desa yang tak pernah Di jajah Belanda Hingga Kemerdekaan Indonesia, Bahkan dengan segala upaya, serangan dan gempuran dari penjajah. Dan itu semua karma Kegigihan para rakyat dan tentra ALRI dari berbagai daerah di Kaliamntan Selatan yang gigih membantu dlm berperang.
Berdsarkan Sejarah dan Histori tersebut orang-orang atau rakyat kandangan cenderung kebanyakan bersifat keras hati, temperamental yang menjadi ciri khas watak rakyat Kandangan hingga Kini, bahkan mereka di kenal adalah orang-orang yang pemberani bahkan ada yg rela mempertaruhkan nyawa meraka dalam berkelahi demi harga keberaniannya.
Bahkan sampai kini Kota kandangan yg di kenal Kota ketupat dan Dodol tersebut di Identikan dengan Ilmu Kekebalan yang ada di Daerah Kalimantan selatan, bahkan kebanyakan Ilmu kebal
Di Kota Kandangan Mngunakkan untlan (minyak yg mempunyai kekuatan magis dengan cara di telan) Bahkan katanya Anak orang No.1 di jaman orde Baru “Toemi Soeharto” pernah di kabarkan pernah berguru Ilmu kebal di Kota ttsb.
“jadi, perjuangan-perjuangan merebut kemerdekaan di bumi nusantra ini juga selalu di sertai dengan Ilmu-ilmu Di luar nalar yang di wariskan oleh Leluhur kita yagn telah menjadi budaya khas orang Indonesia di seluruh nusantra, bahkan orang-orang pribumi yang tangguh seperti Sultan Hasanudin yg berjulukan ayam jago dari timur, Fatahillah, dan byk lagi yg lainnya adalah orang pribumi yang di anggap hebat oleh rang barat”.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi,
    barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena
    usaha saya bangkrut dan saya menanggung
    hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana
    agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya
    berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata
    Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib
    3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari
    Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada
    di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang
    rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman
    saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai
    ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di
    berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus